Desain Pemodelan Grafik (Tugas2)


DESAIN PEMODELAN GRAFIK



 





Syarafina Fadhilah
NPM : 57416247
Kelas : 3IA20
Dosen : Yudi Irawan Chandra

UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK INFORMATIKA
2018

TUGAS 2

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS DAN PEMODELAN YANG ADA SERTA PENGARUH GRAFIS TERHADAP PERUBAHAN TEKNOLOGI

I.                    PERKEMBANGAN DESAIN GRAFIS DI BERBAGAI MEDIA
Desain grafis pada awalnya hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Tapi, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan sampai merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain grafis diterapkan dalam media eletronik, yang sering kali disebut sebgai desain interaktif atau desain multimedia. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Pada pertengahan 198, kedatangan desktop publishing serta pengenalan jumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptan image 3D yang sebelumnya merupakan kerja yang susah payah.
Pada umumnya komputer dianggap sebagai alat yang sangat diperlukan dalam industridesain garfis. Akan tetapi, beberapa perancang grafis melanjutkan penggunaan alat manualdan tradisional dalam berkarya, seperti Milton Glasser.
Beberapa Softwarer Dalam Desain Grafis :
1.       Adobe Photoshop
2.       Adobe Illustrator
3.       Adobe After Effect
4.       corelDraw
5.       Macromedia Freehand
6.       Dll
Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri tetapi lebihcenderung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam menuangkan ke dalam gambar tersebut.

II.    Pengaruh Kebudayaan DanTeknologi Dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
1.       Pengaruh kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupakan sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengembangkan suatu desain grafis. Bisa dilihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
2.       Pengaruh Teknologi
Teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain ecara umum, dan desain grfais secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis.
            Bidang Studi Yang Berkaitan Dengan Desain Pemodelan Grafis :
1.       Psikologi
Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para psikolog brusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok. Psikologi yang berkaitan dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
2.       Ergonomik
Lebih kepada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didkung suatu data antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik komputer, layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan mesin.
3.       Ilmu Bahasa
Pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia komputer.
4.       Sisiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
5.       Teknik Elektronika
Menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sisitem manusia komputer.


III.  Desain Pemodelan Grafis Dari Segi Interaksi Manusia Dan Komputer
Metode yang dapat digunakan untuk proses interaksi antara manusia dan komputer adalah :
1.       Ergonomik
Membahas tentang aspek fiaik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia bekerja didepan komputer memerlukan waktu yang lama. Misal :keyboard, mouse, posisi duduk, dll.
2.       Sosiologi
Memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
3.       Kecerdasan Buatan
Bertuuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan meyerupai pola pikir manusia.
4.       Multimedia
Digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia.

Refrensi :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Scratch

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME