Desain Pemodelan Grafik (Tugas2)
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Syarafina Fadhilah
NPM : 57416247
Kelas : 3IA20
Dosen : Yudi Irawan Chandra
UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK INFORMATIKA
TEKNIK INFORMATIKA
2018
TUGAS 2
PENGARUH TEKNOLOGI
TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS DAN PEMODELAN YANG ADA SERTA PENGARUH GRAFIS
TERHADAP PERUBAHAN TEKNOLOGI
I.
PERKEMBANGAN
DESAIN GRAFIS DI BERBAGAI MEDIA
Desain grafis pada awalnya hanya terbatas pada media cetak
(dua dimensi). Tapi, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung,
bahkan sampai merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). Desain
grafis diterapkan dalam media eletronik, yang sering kali disebut sebgai desain
interaktif atau desain multimedia. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah
desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Pada pertengahan 198, kedatangan desktop publishing serta
pengenalan jumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi
desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptan image 3D yang
sebelumnya merupakan kerja yang susah payah.
Pada umumnya komputer dianggap sebagai alat yang sangat
diperlukan dalam industridesain garfis. Akan tetapi, beberapa perancang grafis
melanjutkan penggunaan alat manualdan tradisional dalam berkarya, seperti
Milton Glasser.
Beberapa Softwarer Dalam Desain Grafis :
1. Adobe
Photoshop
2. Adobe
Illustrator
3. Adobe
After Effect
4. corelDraw
5. Macromedia
Freehand
6. Dll
Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang mempunyai
nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri tetapi
lebihcenderung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam menuangkan ke
dalam gambar tersebut.
II. Pengaruh
Kebudayaan DanTeknologi Dalam Membuat Desain Pemodelan Grafis
1. Pengaruh
kebudayaan
Kebudayaan
sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupakan sarana
hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai sumber
pemikiran untuk mengembangkan suatu desain grafis. Bisa dilihat dalam pembuatan
kerajinan daerah seperti batik.
2. Pengaruh
Teknologi
Teknologi
komputer telah mempengaruhi perkembangan desain ecara umum, dan desain grfais
secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi ini
mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis.
Bidang Studi Yang Berkaitan
Dengan Desain Pemodelan Grafis :
1. Psikologi
Sebuah
bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan
fungsi mental manusia secara ilmiah. Para psikolog brusaha mempelajari peran
fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok. Psikologi yang berkaitan
dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
2. Ergonomik
Lebih
kepada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didkung suatu data
antropometrik yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya,
papan ketik komputer, layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
3. Ilmu
Bahasa
Pelajaran
mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa teori
formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia komputer.
4. Sisiologi
Bidang
ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan
aspek sosial masyarakat.
5. Teknik
Elektronika
Menyediakan
teknologi kerangka kerja untuk desain sisitem manusia komputer.
III. Desain
Pemodelan Grafis Dari Segi Interaksi Manusia Dan Komputer
Metode yang dapat digunakan untuk proses interaksi antara
manusia dan komputer adalah :
1. Ergonomik
Membahas
tentang aspek fiaik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang
nyaman. Karena manusia bekerja didepan komputer memerlukan waktu yang lama. Misal
:keyboard, mouse, posisi duduk, dll.
2. Sosiologi
Memberikan
pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial
masyarakat.
3. Kecerdasan
Buatan
Bertuuan
agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini
berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan
meyerupai pola pikir manusia.
4. Multimedia
Digunakan
sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. dengan
adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan
lebih mudah dimengerti manusia.
Refrensi :
Komentar
Posting Komentar