KARAKTER GAME

DESAIN PEMODELAN GRAFIK


Syarafina Fadhilah
NPM : 57416247
Kelas : 3IA20
Dosen : Yudi Irawan Chandra

UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK INFORMATIKA
2018

Tugas4

KARAKTER GAME
 

Berikut ini cara pembuata dari objek game diatas dengan menggunakan aplikasi Blender :

              Pertama, masuk kedalam object mode, selanjutnya menambahkan objek dengan cara                menekan Shift+A pada keyboard lalu pilih mesh dan cube.
                                                  
      Untuk memperbesar dan melebarkan objek dapat menekan S+Y pada keyboard. S digunakan untuk memperkecil/memperbesar objek, Y dapat digunakan untuk memperlebah objek.
        
    Selanjutnya ubah kedalam edit mode, untuk merubah objek. Ubah juga ke dalam face mode. Dan blok bagian kanan cube untuk dijadikan sebagai ekor dolphin. Blok sisi seperti gambar dibawah ini lalu tekan S untuk memperkecil bagian belakang agar terliht seperti ekor.
        
        
            Kemudian memotong 3 bagian untuk dijadikan sebagai badan dolphin. Dengan                          menekan R pada keyboard. Bagian paling kiri untuk kepala, bagian  tengah untuk                        badan, dan bagian kanan untuk ekor.
        
     Kemudian blok skala dengan tekan A kemudian B di keyboard maka akan muncul garis titik-titik seperti dibawah ini. Jika sudah muncul posisikan garis ke bagian yang diinginkan.
        
Kemudian blok area maka akan terlihat berwarna kuning, dan untuk mengatur posisi sampai terbentuk merupai bentuk ikan, atur skala kemudian tekan S pada keyboard.
        
    Kemudian masih didalam edit mode ubah mode kedalam face mode. kemudian blok bagian depan untuk dijadikan sebuah kepala dolphin. 
        
Kemudian tekan E lagi dan extrude kedepan dapat juga menekan sumbu Y         berwarna hijau.
        
Lalu tekan S pada keyboard untuk mengecilkan skala. Tekan E lagi untuk extrude untuk membuat mulut dolphin. Dan tekan S untuk memperkecil.
        
   Kemudian bagian mulutnya pindahkan ke posisi bawah. Tekan A+B untuk memblok bagian mulut. Lalu turunkan kebawah dengan klik sumbu Z yang berwarna biru.
        
    Selanjutnya blok sisi bagian belakang untuk ekor.
       
Kemudian memperkecil dengan menggunakan scale manipulation  kemudian pipihkan bagian yang di blok dengan klik sumbu Z dan X.









Kemudian ubah lagi ke translate manipulation kemudian tekan E pada keyboard lalu Ektrut kedepan/kesisi Y dapat dengan menggeser mouse/klik sumbu Y yang berwarna hijau.

Kemudian blok bagian kiri kanan ekor. Kemudian pilih Extrude Individual dan  Tarik krusor
        
       Kemudian menggunakan kembali lagi menggunakan scale untuk memipihkan bagian ekor         seperti sirip. Blok bagian kanan dan kiri ekor.
   
          Lalu ubah ke translate manipulation dan tarik kebawah dengan menggunakan sumbu                  Z+Y posisikan sampai terlihat seperti ekor lumba-lumba. Lalu blok sisi kanan dan kiri pilh Extrude individual.


           Kemudian perkecil atau pipihkan dengan menggunakan scale manipulation. Dan bentuk             bagian ekor sampai menyerupai bentuk ekor dolphin.

               Selanjutnya untuk membuat bagian sirip bagian atas. Potong bagian atas ikan dengan               tekan R di keyborad dan blok 4 bagian. Kemudian blok 4 sisi.
         Lalu tekan E pada keyboard tarik keatas. Tarik sedikit tidak terlalu banyak untuk                           membuat sirip bagian atas.


Kemudian tekan S lalu perkecil dan tekan S+X untuk memperkecil dan memipihkan bagian sirip. Dan tarik sumbu Z keatas untuk terlihat menonjol.


Kemudian tekan S+Z+X untuk mendatarkan bagian yang diblok. Lalu tekan R untuk merotasikan sirip kekanan/kiri.
Kemudian extrude ke sumbu Z atau keatas. Dan tekan S untuk mengecilkan skala yang diblok.

Jika posisi sirip kurang panjang atur dengan menggunakan sumbu Z atau tarik garis biru di objek. Kemudian untuk rotasi tekan R dan sumbu Y untuk memindahkan kekiri-kanan posisi sirip.
Selanjutnya membuat sirip bagian bawah. Potong sisi samping ikan. Kemudian lok 2 bagian kiri dan kanan ikan. Lalu tekan E untuk extrude.


Atur posisi sirip kanan dan kiri sampai menyerupai sirip bawah dolphin. Dan atur sirip bawah sampai berbentuk seperti sirip bagian bawah l dolphin
Untuk mengecek objek agar terlihat bentuknya pilih modifer, kemudian pilih subdivision surface. Lalu atur ukuran View dan Render nya.

Maka terlihat seperti gambar dibawah
Kembali ke face mode. Kemudian blok sisi mulut tekan X pada keyboard lalu pilih faces.

Maka akan seperti gambar dibawah ini
Kemudian mengatur bentuk mulut sampai menyerupai bentuk mulut dolphin.
Selanjutnya untuk membuat mata, kembali ke object mode. Untuk membuat mata tambahkan objek tekan Shift+A lalu pilih Mesh pilih UV Sphere

Jika sudah kemudian mengatur warna pada objek dengan klik material dan pilih diffuse
maka objek akan berubah warnanya. Dapat menambahkan warna dengan klik tanda + (tamba) didekat warna. Kemudian Apply untuk menerapkan warna.
Untuk membuat gradasi warna pada ikan dapat blok bagian bawah ikan kemudian tambahkan warna baru yang lebih terang. Lalu tekan Apply.


Kemudian jadikan menjadi 2 frame lembar kerja jangan lupa ubah terlebih dahulu ke edit mode. Kemudian pada lembar kerja . Ubah type area menjadi UV/Image Editor. Kemudian klik ikon image dibagian bawah. Dan pilih gambar yang diinginkan


Kemudian klik ikon texture pilih tekstur yang diinginkan dan dilembar kerja sebelah kiri ubah display objek menjadi Material. Maka bagian yang telah di blok terdapat teksturnya. Jangan lupa blok sisi yanng diinginkan lalu tekan U pada keyboard dan pilih Unwrap. Maka akan terlihat seperti dibawah ini

Untuk membuat animasi pertama-tama buatlah tulang pada objek tekan Shift+A lalu pilih Amature dan Single bone.
agar tulang terlihat transparan klik ikon  lalu bagian bawah ceklis X-Ray nya.
          Untuk membuat animasi. Blok bagian badan terlebih dahulu kemudian blok bagian                      tulang. Lalu tekan I pada keyboard dan tekan Shift+P.


Kemudian ubah Screen Layout menjadi Annimation. Atur posisi garis hijau untuk time line nya.

Kemudian Tekan I pada objek lumba-lumba. Pindahkan posisi garis hijau dan pindahkan objek sesuai keinginan. Maka animasi sudah selesai.
                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Scratch

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME