KARAKTER GAME
DESAIN PEMODELAN GRAFIK
Syarafina Fadhilah
NPM : 57416247
Kelas : 3IA20
Dosen : Yudi Irawan Chandra
UNIVERSITAS GUNADARMA
TEKNIK INFORMATIKA
TEKNIK INFORMATIKA
2018
Tugas4
KARAKTER GAME
Berikut ini cara pembuata dari objek game diatas dengan menggunakan aplikasi Blender :
Pertama, masuk kedalam
object mode, selanjutnya menambahkan objek dengan cara menekan Shift+A pada
keyboard lalu pilih mesh dan cube.
Untuk memperbesar dan melebarkan objek
dapat menekan S+Y pada keyboard. S digunakan untuk memperkecil/memperbesar objek, Y dapat digunakan untuk memperlebah
objek.
Selanjutnya ubah kedalam edit mode, untuk merubah objek.
Ubah juga ke dalam face mode.
Dan blok bagian kanan cube untuk dijadikan sebagai ekor dolphin. Blok sisi seperti gambar dibawah
ini lalu tekan S untuk memperkecil bagian belakang agar terliht seperti ekor.
Kemudian memotong 3 bagian untuk dijadikan sebagai badan
dolphin. Dengan menekan
R pada keyboard. Bagian paling kiri untuk kepala, bagian tengah untuk badan, dan
bagian kanan untuk ekor.
Kemudian blok skala dengan tekan A kemudian B di keyboard
maka akan muncul garis
titik-titik seperti dibawah ini. Jika sudah muncul posisikan garis ke bagian yang diinginkan.
Kemudian blok area maka akan terlihat
berwarna kuning, dan untuk mengatur posisi sampai terbentuk merupai bentuk
ikan, atur skala kemudian tekan S pada keyboard.
Kemudian masih didalam edit mode ubah mode kedalam face
mode. kemudian blok bagian depan untuk dijadikan
sebuah kepala dolphin.
Kemudian tekan E lagi dan extrude
kedepan dapat juga menekan sumbu Y
berwarna hijau.
Lalu tekan S pada keyboard untuk
mengecilkan skala. Tekan E lagi untuk extrude untuk membuat mulut
dolphin. Dan tekan S untuk memperkecil.
Kemudian bagian mulutnya pindahkan ke posisi bawah. Tekan
A+B untuk memblok bagian mulut. Lalu turunkan kebawah dengan klik sumbu Z yang berwarna
biru.
Selanjutnya blok sisi bagian belakang untuk ekor.
Kemudian memperkecil dengan
menggunakan scale manipulation kemudian pipihkan bagian yang di blok dengan
klik sumbu Z dan X.
Kemudian
ubah lagi ke translate manipulation kemudian tekan E pada
keyboard lalu Ektrut kedepan/kesisi Y dapat dengan menggeser mouse/klik sumbu Y
yang berwarna hijau.
Kemudian
blok bagian kiri kanan ekor. Kemudian pilih Extrude Individual dan Tarik krusor
Kemudian menggunakan
kembali lagi menggunakan scale untuk memipihkan bagian ekor seperti sirip. Blok
bagian kanan dan kiri ekor.
Lalu
ubah ke translate manipulation dan tarik kebawah dengan menggunakan sumbu Z+Y posisikan sampai terlihat seperti ekor lumba-lumba. Lalu blok sisi kanan dan
kiri pilh Extrude individual.
Kemudian
perkecil atau pipihkan dengan menggunakan scale manipulation. Dan bentuk bagian
ekor sampai menyerupai bentuk ekor dolphin.
Selanjutnya untuk membuat
bagian sirip bagian atas. Potong bagian atas ikan dengan tekan R di keyborad
dan blok 4 bagian. Kemudian blok 4 sisi.
Lalu
tekan E pada keyboard tarik keatas. Tarik sedikit tidak terlalu banyak untuk membuat sirip bagian atas.
Kemudian
tekan S lalu perkecil dan tekan S+X untuk memperkecil dan memipihkan bagian
sirip. Dan tarik sumbu Z keatas untuk terlihat menonjol.
Kemudian
tekan S+Z+X untuk mendatarkan bagian yang diblok. Lalu tekan R untuk
merotasikan sirip kekanan/kiri.
Kemudian
extrude ke sumbu Z atau keatas. Dan tekan S untuk mengecilkan skala yang
diblok.
Jika
posisi sirip kurang panjang atur dengan menggunakan sumbu Z atau tarik garis
biru di objek. Kemudian untuk rotasi tekan R dan sumbu Y untuk memindahkan
kekiri-kanan posisi sirip.
Selanjutnya membuat sirip
bagian bawah. Potong sisi samping ikan. Kemudian lok 2 bagian kiri dan kanan
ikan. Lalu tekan E untuk extrude.
Atur
posisi sirip kanan dan kiri sampai menyerupai sirip bawah dolphin. Dan atur
sirip bawah sampai berbentuk seperti sirip bagian bawah l dolphin
Untuk mengecek objek agar
terlihat bentuknya pilih modifer, kemudian pilih subdivision surface. Lalu atur
ukuran View dan Render nya.
Maka
terlihat seperti gambar dibawah
Kembali ke face mode. Kemudian blok sisi mulut
tekan X pada keyboard lalu pilih faces.
Maka
akan seperti gambar dibawah ini
Kemudian
mengatur bentuk mulut sampai menyerupai bentuk mulut dolphin.
Selanjutnya untuk membuat
mata, kembali ke object mode. Untuk membuat mata tambahkan objek tekan Shift+A
lalu pilih Mesh pilih UV Sphere
Jika sudah kemudian mengatur
warna pada objek dengan klik material dan pilih diffuse
maka
objek akan berubah warnanya. Dapat menambahkan warna dengan klik tanda +
(tamba) didekat warna. Kemudian Apply untuk menerapkan warna.
Untuk
membuat gradasi warna pada ikan dapat blok bagian bawah ikan kemudian tambahkan
warna baru yang lebih terang. Lalu tekan Apply.
Kemudian jadikan menjadi 2 frame
lembar kerja jangan lupa ubah terlebih dahulu ke edit mode. Kemudian pada
lembar kerja . Ubah type area menjadi UV/Image Editor. Kemudian klik ikon image
dibagian bawah. Dan pilih gambar yang diinginkan
Kemudian
klik ikon texture pilih tekstur yang diinginkan dan dilembar
kerja sebelah kiri ubah display objek menjadi Material. Maka bagian yang telah
di blok terdapat teksturnya. Jangan lupa blok sisi yanng diinginkan lalu tekan
U pada keyboard dan pilih Unwrap. Maka akan terlihat seperti dibawah ini
Untuk membuat animasi
pertama-tama buatlah tulang pada objek tekan Shift+A lalu pilih Amature dan
Single bone.
agar
tulang terlihat transparan klik ikon lalu bagian bawah ceklis X-Ray nya.
Untuk membuat animasi. Blok
bagian badan terlebih dahulu kemudian blok bagian tulang. Lalu tekan I pada
keyboard dan tekan Shift+P.
Kemudian
ubah Screen Layout menjadi Annimation. Atur posisi garis hijau untuk time line
nya.
Kemudian
Tekan I pada objek lumba-lumba. Pindahkan posisi garis hijau dan pindahkan
objek sesuai keinginan. Maka animasi sudah selesai.
Komentar
Posting Komentar